Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Dermolemahabang Gelar Karnaval Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77

Dermolemahabang Gelar Karnaval Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77

2 min read

LAMONGAN, Mediasuarapublik – Peringati hari kemerdekaan RI ke-77 tahun, beragam kegiatan yang digelar oleh warga, seperti yang dilakukan oleh warga Desa Dermolemahbang, Kecamatan Srirejo Kabupaten Lamongan. Minggu (21/08/2022)

Karnaval ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Dermolemahbang Amari. Dalam sambutannya Amari mengatakan “Alhamdulillah setelah 2 tahun istirahat karena adanya pandemi covid-19, kini kita dapat kembali memeriahkan HUT RI yang ke-77 dengan karnaval budaya dengan tema kebhinekaan dan keislaman untuk Indonesia maju,”.

Peserta Karnaval yang terdiri dari para pelajar, remaja dan ibu PKK serta masyarakat se-Desa Dermolemahbang.

Mereka menggelar Karnaval dengan menampilkan berbagai macam busana. Para peserta nampak begitu antusias saling adu kretifitas dalam hal penampilan, seperti busana keislaman, kebudayaan, pertanian, adat istiadat dan kekompakan.

Konsep Keislaman menampilkan perjuangan para wali songo dalam menyebarkan agama islam di Indonesia, para santri yang sedang mengaji dan sholawatan yang diiringi music rebana. Konsep Indonesia maju menampilkan harapan atau gambaran Indonesia 20 tahun yang akan datang. Dimana anak-anak sudah sukses dengan profesinya masing-masing.

Konsep Nasionalisme kebudayaan pertanian. membawa patung presiden pertma Ir.soekarno , Menampilkan juga para pejuang kemerdekaan dengan berkostum sesuai dengan pejuang dimasa penjajahan.

Konsep Adat istiadat menampilkan keanekaragaman baju adat yang ada di Indonesia, menampilkan kesenian musik yang ada di Indonesia, dan juga menampilkan batik carnival serta menampilkan Gatot Kaca sebagai pemimpin dalam kegiatan karnaval kali ini.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air kepada seluruh peserta karnaval, agar para peserta mengetahui perjuangan dari para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dan siap untuk melanjutkan estafet perjuangan dan pembangunan dalam mengisi kemerdekaan untuk Indonesia yang lebih maju. [Otong.K/Arr]