Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Lestarikan Tradisi, Warga Slaharwotan Gelar Grebeg Suro

Lestarikan Tradisi, Warga Slaharwotan Gelar Grebeg Suro

1 min read

LAMONGAN, Mediasuarapublik.com – Memasuki Bulan Muharrom (bulan pertama kalender hijriyah/Islam) warga Desa Slaharwotan, Kecamatan Ngimbang, Lamongan bersama paguyuban seni tradisional setempat menggelar tradisi Grebek Suro.

Grebeg Suro merupakan acara tradisi budaya tahunan masyarakat Desa Slaharwotan Kecamatan Ngimbang dalam wujud pesta rakyat. Seni yang ditampilkan meliputi Reog, Jaranan hingga pagelaran campursari.

Hadir dalam acara Grebek Suro yang diselenggarakan Paguyuban Seni Tradisional Lamongan Ke- VI di Dusun Miri, Desa Slaharwotan, Kecamatan Ngimbang, Minggu (7/8/2022), Bupati Lamongan Yuhrour Efendi mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan kesenian dan budaya daerah.

Melalui pelestarian itu, diharapkan BUpati dapat mempertahankan orisinalitas bangsa Indonesia yang terkenal sebagai bangsa yang berbudaya.

“Ketika kebudayaan dan kesenian tidak kita rawat tentu akan menghilangkan jati diri kita sebagai masyarakat Indonesia yang kaya budaya. Untuk itu mari terus kita lestarikan, karena nilai-nilai yang diangkat dalam kesenian akan meningkatkan harkat dan martabat,” ucap Bupati Yuhronur dihadapan warga desa.

Selain menampilkan berbagai kesenian, Grebek Suro ini juga sebagai bentuk serah diri/tawakal hamba (manusia) kepada Tuhannya, Allah SWT agar senantiasa diberi kesehatan, keselamatan dan kejayaan di tahun-tahun berikutnya.[J2/Yar]