Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Antisipasi pencegahan penyebaran virus PMK, Anggota Koramil 0812/21 Kalitengah bersama Instansi terkait cek hewan ternak

Antisipasi pencegahan penyebaran virus PMK, Anggota Koramil 0812/21 Kalitengah bersama Instansi terkait cek hewan ternak

2 min read

LAMONGAN – mediasuarapublik.com

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0812/21 Kalitengah jajaran Kodim 0812 Lamongan, bersama Camat, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa, dan Polmas, mendampingi petugas dari Dinas Peternakan Kecamatan Kalitengah untuk memeriksa kesehatan hewan ternak sapi di Desa Butungan dan Desa mungli, Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Selasa (31/5/2022).

Pada kedempatan itu, Peltu Masudi, mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi.

“Pengecekan ini lakukan sembari juga mensosialisasikan dan penyemprotan cairan disinfektan juga diberikan oleh petugas. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja bersama untuk mencegah penyebaran virus ini Sehingga di desa Desa Butungan dan Desa Mungli ini aman dari virus PMK,” ujarnya.

Dari Desa Butungan terdata 23 orang yang memiliki hewan ternak sapi dengan jumlah 59 ekor sedangkan di Desa Mungli terdata 4 orang yang memiliki hewan ternak sapi dengan jumlah 7 ekor.

Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari petugas gabungan bersama dinas terkait ini, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” tambah Peltu Masudi.

Sebagai informasi, PMK atau Foot and Mouth Disease (FMD) ini tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, karena ada beberapa hewan atau ternak yang rentan tertular seperti kerbau, domba atau kambing yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun drastis,” Ungkapnya. (Hm)