Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Pelatihan Jurnalistik Bagi Pengurus OSIS di SMPN2 Sugio Bersama KJL, Tingkatkan Literasi dan Numerasi Dengan Konten Positif

Pelatihan Jurnalistik Bagi Pengurus OSIS di SMPN2 Sugio Bersama KJL, Tingkatkan Literasi dan Numerasi Dengan Konten Positif

3 min read

Lamongan – mediasuarapubik.com

Pelatihan Jurnalistik Bagi Pengurus OSIS di SMPN2 Sugio Bersama Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) ini adalah wujud nyata kepedulian terhadap dunia jurnalistik, menghidupkan dan memasyarakatkan jurnalistik, cetak regenerasi jurnalis lamongan untuk masa depan.

Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) diundang menjadi pengisi Kegiatan dalam Pelatihan jurnalistik bagi Pengurus OSIS. Kegiatan yang di ikuti perwakilan siswa siswi SMPN 1, 2 dan 3 Sugio, Serta SMPN 1 dan 2 Kedungpring itu diselenggarakan di aula SMPN2 Sugio, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Kamis,(31/03/2022).

Acara yang diikuti puluhan pelajar perwakilan beberapa sekolah menengah pertama (SMP) wilayah sugio dan kedungpring tersebut berlangsung dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan.

Dengan mengambil tema meningkatkan literasi dan numerasi anak dengan konten positif, diharapkan dapat mencetak regenerasi jurnalis muda Lamongan untuk masa depan, berperan dalam membangun bangsa dengan tulisan dan konten positif kreatif yang Innovatif.

“Komunitas Jurnalis Muda Lamongan adalah wadah silaturahmi jurnalis lamongan, dan ingin membangun iklim baru tentang wajah Jurnalis di Lamongan. Regenerasi Jurnalis muda adalah salah satu visi besar KJL,” ungkap Ketua KJL, Muhammad Fadli S.Kom.

Ditambahkan olehnya, Ketua KJL, Pelatihan Jurnalistik bagi siswa SMP ini dengan metode Asah, asuh, asih minat siswa siswi agar mau karya dalam bidang karya tulis, dan memperdalam wawasan jurnalistik. Hal itu kedepannya diharapkan dapat menghidupkan semangat menulis dan menumbuhkan kembangkan energi literasi di lingkungan sekolahnya masing-masing. Melalui Komunitas Jurnalis Lamongan, semoga bisa menjadi wadah bersama untuk saling belajar dan sharing seputar dunia media melalui kegiatan pelatihan jurnalistik kepada siswa.

“Kegiatan ini juga memberikan ruang kepada peserta yang mengikuti acara ini, untuk bisa menjadi Kontributor Berita dengan membuat berita yang Positif dan mengangkat tentang hal hal yang ada di lingkungan sekitar sekolahnya, baik prestasi atau kegiatan organisasi sampai ekstrakulikuler sekolah. Karya siswa siswi tersebut nantinya juga bisa ditayangkan di website khusus portal berita kabar1lamongan.com dan mungkin juga media lain yang tergabung dalam KJL,” ujarnya.

“Saya menyediakan ruang bagi pelajar untuk ikut berkontribusi bagi perkembangan kabupaten Lamongan, terutama dalam hal pemberitaan yang positif dan baik, Karena masih banyak potensi dan hal hal yang ada disekitar kita yang belum terekspose, belum terjamah dan sebenarnya menarik untuk diangkat. Nah, disinilah peran media media lokal kabupaten Lamongan. Tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi sebuah berita yang mengedukasi publik, Untuk itu perlu peran aktif kita semua para pelaku media untuk bisa mewujudkannya”, tutup, Ketua KJL.

Sementara itu, Didik Eko Hermawanto,S.Pd, salah satu narasumber dalam pelatihan jurnalistik ini, menuturkan, “Dasar-dasar Jurnalistik ini juga bisa menjadi bahasan referensi bagi siapa saja yang ingin mengenal atau terjun ke dunia jurnalistik, ingin memahami ilmu dasar kewartawanan. Paling tidak jika memahami konsep jurnalistik akan membuat pembaca lebih kritis dalam menerima informasi atau menyerap berita yang tersaji di media massa, media online, agar bisa membedakan mana berita yang benar dengan yang tidak atau hoax,” tuturnya.

Dalam kesempatan terpisah, Hal senada dituturkan oleh Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Chusnu yuli setyo, M.Pd, bahwa dirinya ingin mengajak kepada generasi muda untuk bisa berkarya melalui karya jurnalistik yang baik dan benar sesuai kode etik jurnalistik, Sesuai kaidah dasar menulis berita, yaitu 5W+1H.

“Insaallah nanti dinas pendidikan bersama KJL akan terus bersinergi dalam kegiatan jurnalistik, bagi siswa SMP. Entah dalam sebulan atau dua bulan sekali, untuk bisa di adakan kegiatan seperti ini di beberapa sekolah di kecamatan lain”, tambah Chusnu yuli setyo, M.Pd saat di hubungi via WhatsApp.

Melalui kegiatan ini diharapkan pengurus OSIS bisa menjadi energi penggerak dan contoh bagi semua siswa siswi, untuk berani berkarya membuat tulisan berita yang baik dan bisa diaplikasikan dalam.tuang lingkup sekolahnya baik melalui mading, majalah sekolah ataupun website sekolahnya.

“Saya sangat bahagia dengan adanya pelatihan jurnalistik bagi OSIS ini , sebab dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan literasi dan numerasi anak anak. Selain itu anak anak akan terbimbing untuk membuat konten – konten positif yang berbasis data. Selain itu anak juga akan bisa menyalurkan hobby menulis,” Terang Kepala sekolah SMPN 2 Sugio, Nurhadi, S.Pd.,M.E saat pembukaan kegiatan.

Ditambahkan oleh, Nurhadi, S.Pd.,M.E, “Yang tidak kalah penting adalah bagaimana Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan hari ini. Jangan sampai selesai pelatihan anak anak tidak ada yang bisa membuat konten konten positif, atau tulisan berita seputar sekolahnya, terang Kepala sekolah SMPN 2 Sugio, yang juga pernah menjabat Ketua MGMP TIK SMPN sekabupaten Lamongan Ini. (prap)