Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Kampanye GEMARIKAN, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri bagikan PMT di Desa Purwotengah

Kampanye GEMARIKAN, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri bagikan PMT di Desa Purwotengah

2 min read

KEDIRI, Mediasuarapublik – Dinas Perikanan Kabupaten Kediri bagikan 150 paket bantuan makanan olahan kepada warga Desa Purwotengan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Selasa (10/9/2024). Program bantuan tersebut sebagai salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Kediri guna menurunkan angka Stunting. Melalui program MAKIN KECE SKALI, Dinas Perikanan kampanye Gemarikan sekaligus Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Dinas Perikanan juga memberikan edukasi kepada warga masyarakat yang hadir cara pengolahan makanan secara langsung.

Acara tersebut dilaksanakan di aula Kantor Desa Purwotengah yang dihadiri masyarakat Desa Purwotengah, Kepala Desa Purwotengah dan perangkat desa. Selain itu dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Kediri yang diwakili oleh Sukadi Asisten 1, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nurhafid beserta jajaran, dan Camat Papar.

Kepala Desa Purwotengah, Adi Setiono disela acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kediri, khususnya Dinas Perikanan atas program bantuan PMT kepada warganya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan atas program PMT yang hari ini diberikan. Banyak sekali hal positif yang diberikan, selain bantuan makanan, dinas juga memberikan edukasi kepada warga masyarakat Desa Purwotengah tentang cara pengolahan makanan dengan bahan ikan.” Terang Adi

“Sebanyak 150 orang warga hari ini mendapat materi cara pengolahan makanan yang nantinya bisa dipraktekkan sendiri secara langsung, dan juga menerima bantuan bahan makanan olahan.” Tutupnya

Sementara itu Sukadi dalam sambutannya menyampaikan, program GEMARIKAN merupakan program prioritas Bupati Kediri, Hanandito Pramono.

“Melalui program ini mas Dito, ingin angka stunting di Kabupaten Kediri bisa turun, ini menjadi prioritas MasBup dan Pemkab Kediri. Mengingat saat ini Desa Purwotengah masuk desa terbanyak kasus stunting di Kecamatan Papar, dan harus diselesaikan.” Jelas Sukadi

“Dari anak – anak kita nantinya sebagai modal mencerdaskan bangsa dan masa depan bangsa sehingga Stunting menjadi tanggung jawab bersama. Mumpung masih ada kesempatan, stunting bisa diselesaikan bersama, salah satunya melalui Dinas Perikanan dengan program mengkampanyekan gemar makan ikan.” Tambahnya

“Saya berpesan kepada pak kades kegiatan seperti ini juga bisa dianggarkan dari ADD, bs dimaksimalkan utk menurunkan angka stunting, PMT nanti bisa diberikan anak – anak dan ibu hamil.” Tutup Sukadi

Program Stunting menjadi prioritas pemerintah, dimana anak – anak nantinya sebagai generasi penerus bangsa sebagai aset pemerintah menuju indonesia emas.
Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 anak – anak harus kita siapkan, untuk dapat berkarya.

Sementara itu Camat papar dalam sambutannya juga menyampaikan hak yang sama, dimana angka Stunting di Desa Purwotengah dengan prosentase 12 persen dan kedua terbawah menjadi salah satu tujuan acara hari ini.

“Program ini adalah program Mas Dito untuk menurunkan Stunting, Purwotengah masuk rangking ke 2 angka Stunting se Kecamatan Papar.
PR kita dari waktu ke waktu angka stunting bisa turun, salah satu upaya pemerintah dengan metode program gemar makan ikan, yaitu dengan cara sistem pengolahan.”
“Dinas perikanan memberi bahan makanan mentah utk diolah, dan semoga bantuan dari Mas Bup melalui Dinas Perikanan bisa membantu panjenengan dan keluarga panjenengan semua.” Tutup Camat.

Diakhir kegiatan masyarakat Desa Purwotengah Yang hadir menerima bantuan yang sudah disiapkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kediri.