Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Media Vietnam Soroti Kemenangan Fantastis Timnas Indonesia Atas Yordania

Media Vietnam Soroti Kemenangan Fantastis Timnas Indonesia Atas Yordania

2 min read

Mediasuarapublik – Euforia kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Yordania U-23 turut disoroti sebuah media Vietnam. Kemenangan Timas Indonesia tersebut, memastikan satu tiket lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Sebelum menuju pertandingan, Timnas Indonesia U-23 hanya butuh hasil imbang melawan Yordania U-23 untuk mendapatkan tiket ke babak perempat final.

Namun, pelatih Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya tampil lebih baik dengan mendapatkan poin penuh (3 poin) dengan meyakinkan melalui gol-gol yang indah.

Sebelum laga, Indonesia U-23 sudah mengumpulkan 3 poin. Mereka hanya perlu bermain imbang Yordania U-23 (1 poin) untuk merebut tiket ke perempat final.

Hal ini karena Australia U-23 hanya mampu merebut (1 poin), meski menang melawan Qatar U-23, tetap harus peringkat lebih rendah karena kalah dalam konfrontasi langsung.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Nasser, Minggu (21/4/2024) malam WIB, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Yordania dengan skor 4-1.

Gol kemenangan tim Garuda Muda diciptakan oleh Marselino Ferdinan (23′,70′), Witan Sulaeman (40′), dan Komang Teguh (86′).

Sementara tim lawan, Yordania hanya mampu membalas lewat gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79.

Bek Timnas Indonesia itu berupaya memblok tembakan dan secara tidak sengaja menyebabkan gol deflect untuk Yordania, dan gagal diantisipasi oleh Ernando Ari.

Adapun hasil kemenangan Timnas Indonesia atas Yordania, memastikan tim asuhan Shin Tae-yong mencetak sejarah dengan baru pertama kali tampil di Piala Asia U-23 dan lolos ke perempat final.

Tim Garuda Muda melaju ke perempat final usai memastikan diri sebagai runner up Grup A dengan mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan berhasil menang dua laga dari Australia U-23 dan Yordania U-23.

Satu-satunya kekalahan Indonesia terjadi saat laga pembuka menghadapi tuan rumah Qatar U-23.

Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman. (PSSI)

Mengiringi kemenangan fantastis Indonesia, Media Vietnam Soha.vn ikut menyoroti tim asuhan Shin Tae-yong yang tampil sangat baik menghadapi tim Asia Barat.

Soha.vn bahkan sampai membuat headline berita ‘Indonesia U-23 “menghancurkan” lawannya di Asia Barat.

Menurut Soha.vn, Indonesia bersama Vietnam U-23 kembali menorehkan tonggak sejarah di turnamen Asia.

Media Vietnam ini juga terkesan atas permainan impresif para punggawa tim Garuda, berkat taktik yang indah mampu menembus pertahanan Yordania.

Terutama dua gol indah tim Garuda, pada menit ke-40 hanya dengan dua operan, Witan Sulaeman mampu menyelesaikan dan melepaskan tembakan sangat berkelas ke sudut jauh untuk menambahkan keunggulan menjadi 2-0.

Selanjutnya tim besutan Shin Tae-yong itu harus menunggu lawan di Grup B antara Jepang U-23 atau Korea U-23.

Mengutip dari media Vietnam, prestasi Indonesia U-23 ini juga membantu sepak bola Asia Tenggara mengembalikan tonggak sejarah yang mengesankan, dengan dua tim lolos dari babak penyisihan grup final Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya, pada tahun 2018 hanya ada dua wakil Asia Tenggara yang mencapai babak perempat final yakni Vietnam U-23 dan Malaysia U-23.

Sekalipun Thailand U-23 juga meraih hasil bagus di babak terakhir, pencapaian di atas akan dibatalkan.

“Hal ini tentu akan menjadi tonggak sejarah yang mengesankan dalam sejarah sepak bola Asia Tenggara,” tulis Soha.vn. [Red]