Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » PSHT Komisariat SMAKEM Gelar Kenduri Nasional Hingga Gerak Jurus Kolosal

PSHT Komisariat SMAKEM Gelar Kenduri Nasional Hingga Gerak Jurus Kolosal

2 min read

Lamongan, Mediasuarapublik – Bertepatan pada perayaan 1 abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), warga PSHT di seluruh dunia merayakannya dengan penuh rasa syukur.

Kabupaten Lamongan sendiri, Khususnya di Komisariat SMAKEM Cabang Lamongan yang di ketuai Oleh Sigit Setiawan, merayakan hari bahagia tersebut dengan kenduri nasional yang dilaksanakan secara virtual di lapangan masjid Rohmatan Lilalamin, Kamis (1/9) malam.

Ketua Rayon SMAKEM Cabang Lamongan, Nazarudin menjelaskan, jika pada pelaksaan acara tersebut diikuti oleh tingkat kepengurusan cabang dan ranting, momentum ini sebagai peringatan hari lahir Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu pada tanggal 2 September 1922.

“Ini adalah tonggak sejarah pelaksanaan gerakan spiritual Setia Hati Terate pada malam puncak acara 100 tahun terate emas tahun 2022 yaitu tanggal 2 September 2022,” ungkap pria yang akrab di panggil Mas Nazar itu.

“Sebagai sarana menumbuhkan kesadaran seraya memanjatkan doa bersama demi terciptanya situasi aman, damai, guyub rukun, dan sejahtera bagi keluarga besar Persaudaraan Setia Hati Terate untuk kejayaan organisasi ke depan,” tambahnya.

Selain kenduri nasional, lanjut Nazar, PSHT Komisariat SMAKEM Cabang Lamongan juga menggelar Gerak Jurus Kolosal 1 Abad di Lapangan Masjid Rohmatan Lilalamin, Jumat (2/9) pagi. Kegiatan itu diikuti oleh 150 pendekar SH Terate.

“Kegiatan semacam ini dinilai sebagai langkah konkrit pengejawantahan Marwah ajaran dan tujuan PSHT untuk mendidik manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah,” jelasnya.

Agenda besar satu abad ini merupakan momentum sejarah perjalanan bagi Persaudaraan Setia Hati Terate guna menjaga marwah ajaran adat, tradisi serta aturan yang ada.

“Demi tetap tegaknya panji-panji Setia Hati Terate di Bumi Pertiwi. 100 Tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1922, Persaudaraan Setia Hati Terate yang didirikan oleh Pahlawan Perintis Kemerdekaan Kihajar Harjo Uetomo,” tandasnya. [Otong/Yar]