Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Polsubsektor Kasreman Ajak Petani Pertanian Ramah Lingkungan Dan Berkelanjutan

Polsubsektor Kasreman Ajak Petani Pertanian Ramah Lingkungan Dan Berkelanjutan

2 min read

NGAWI, Mediasuarapublik – Mendukung suksesnya Program Bhayangkara Pendamping Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling) Polsek Padas Polsubsektor Kasreman  melaksanakan koordinasi dan kolaborasi dengan Pemerintah Desa Karangmalang guna tercapainya Pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Terlebih Kabupaten Ngawi kini merupakan lumbung pangan nasional.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis penanaman padi organik maupun pupuk organik buatan dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Organikmat Ngompro kepada kelompok tani selama empat hari, mulai 4 hingga 7 September 2022.

Kapolsubsektor Kasreman, Ipda Harli Prabowo saat ditemui awak media ini menyampaikan pelatihan dan bimbingan teknis penanaman padi organik maupun pupuk organik buatan dari tim P4S Organikmat Ngompro sangat bermanfaat bagi para petani agar mau beralih dari menggunakan pupuk kimia ke pupuk organik yang lebih ramah lingkungan.

“Penggunakan pupuk kimia berlebihan dapat merusak kesuburan tanah. Karenanya metode tanam organik mendukung pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ungkap Ipda Harli Prabowo.

Tak hanya mengajak metode tanam organik dalam program Bhatarling, dalam kesempatan itu Kapolsubsektor Kasreman juga mengajak para petani untuk tidak memasang jebakan tikus beraliran listrik dari PLN. Namun untuk penanggulangan hama tikus agar dicari solusi yang aman dan tentunya lebih efektif.

“Kami juga imbau para petani untuk tidak gunakan jebakan tikus beraliran listrik karena sudah banyak merenggut korban jiwa. Mari kita stop jebakan tikus beraliran listrik,” imbuhnya.

Setidaknya dua Desa di Kecamatan Kasreman telah melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis penanaman padi organik maupun pupuk organik, yakni Desa Jatirejo dan Karangmalang.

Selain Kapolsubsektor Kasreman, kegiatan dalam menjalin silaturahmi dengan kelompok tani Desa Karangmalang Kecamatan Kasreman itu juga dihadiri seluruh kelompok tani, Kepala Desa Karangmalang, Balai Penyuluh Pertanian, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. [Don]