Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Kecelakaan Maut Truk Pertamina Seruduk Sejumlah Motor di Cibubur, 10 Orang Tewas

Kecelakaan Maut Truk Pertamina Seruduk Sejumlah Motor di Cibubur, 10 Orang Tewas

2 min read

JAKARTA, mediasuarapublik.com – Peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan truk pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina (Persero) dengan sejumlah pengendara motor dan mobil terjadi di Jalan Alternatif Cibubur ke arah Cileungsi, Jawa Barat, Senin (18/7/22) Sore.

Menurut informasi yang didapat, peristiwa tersebut mengakibatkan 10 orang tewas dan 5 orang mengalami luka-luka.

“Ini korban meninggal dunia ada 10. Ini sementara 10. Ada 9 di RS Kramat Jati dan 1 di Permata Cibubur,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di RS Polri Kramat Jati, Senin (18/7).

Polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. Sopir dari truk bernomor polisi B 9598 BEH itu juga sudah diamankan oleh pihak kepolisian.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Latif Usman menjelaskan, saat ini kepolisian masih mengidentifikasi identitas korban. Adapun identifikasi, kata Latif, akan melibatkan Seksi Kedokteran Kepolisian dan Kesehatan Kepolisian (Dokkes).

Saat ini, Lanjut Latif, seluruh korban jiwa dan luka dalam kecelakaan tersebut sudah dievakuasi dari lokasi kejadian. Para korban dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Satu yang memang tadi pingsan sudah kami evakuasi dan kirim ke rumah sakit. Yang di TKP sudah tidak ada korban dan semoga bisa tertolong semuanya,” tutur Latif.

Kondisi jalan tersebut, Lanjut Latif, memang menurun. Di posisi tempat kejadian perkara disebutkan ada kendaraan yang berhenti pada saat kejadian.

Berdasarkan keterangan saksi, sebelum kejadian kondisi lalu lintas terpantau macet di lampu merah. Truk Pertamina itu pun diduga rem blong.

Adapun kepolisian juga menyebut tidak ditemukan bekas pengereman di lokasi kecelakaan maut yang melibatkan truk tangki Pertamina dan sejumlah kendaraan lainnya.

“Kalau kami cek di lapangan belum ada bekas rem. Untuk lebih lanjut kami akan lakukan pemeriksaan kendaraan ini dengan teknisi,” ujar Latif.

Latif memastikan, pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina (Persero) tak mengalami kebocoran setelah mengalami kecelakaan.

Muatan BBM yang diangkut truk tersebut telah dievakuasi dari lokasi kecelakaan. Selain itu, petugas Dinas Kebakaran wilayah Kota Bekasi juga disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

“Bahan bakar sudah dipindahkan, segera kami lakukan evakuasi dengan alat berat dan disiagakan pemadam kebakaran untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” kata Latif.

Tak hanya itu, dalam insiden tersebut seorang anggota TNI Angkatan Laut (AL) juga tewas dalam kecelakaan di kawasan Transyogi Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (18/7/2022).

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Julius Widjojojo mengatakan, satu korban meninggal tersebut bernama Suparno.

“Korban di antaranya ada anggota TNI dari Mabes AL,” ujar Julius, saat dikonfirmasi, Senin (18/7/22).

Menurut Julius, korban merupakan anggota TNI berpangkat pembantu letnan dua atau pelda yang bertugas sebagai Staf Personel Angkatan Laut (Spersal) Mabes TNI AL. “Atas nama Pelda Mar. Suparno, jabatan Spersal Mabesal,” kata Julius menutup.[JA/Yar]