Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Nodai Porprov Jatim, 10 Atlet Wushu Kota Pasuruan Didiskualifikasi

Nodai Porprov Jatim, 10 Atlet Wushu Kota Pasuruan Didiskualifikasi

1 min read

PASURUAN, mediasuarapublik.com – Akibat adannya kecurangan dalam Porprov Jatim 2022, 10 atlet Wushu asal Kota Pasuruan didiskualifikasi dari ajang yang digelar empat tahun sekali tersebut.

Diketahui, Atlet wushu yang mewakili Kota Pasuruan ada 16. Namun 10 diantaranya didiskualifikasi karena atlet tersebut diduga merupakan joki. Sebab, saat dikroscek oleh panitai foto dan wajah atlet tidak sama.

“Iya benar ada 10 atlet wushu yang dicoret oleh panitia technical delegate. Ada kecurangan saat atlet mengikuti technical meeting dan timbang badan pada Kamis (23/06/2022) lalu,” jelas Ketua KONI Kota Pasuruan, Gangsar Sulityarso.

Gangsar juga menjelaskan jika 10 atlet wushu yang dikirim tidak sesuai dengan data yang terdaftar di panitia. Awalnya panitia technical delegate menemukan satu atlet yang wajahnya tidak mirip dengan foto id card atlet dan data identitas yang terdaftar.

Setelah dilakukan pengecekan lanjutan, ditemukan 9 atlet Wushu kontingen Kota Pasuruan lain yang terindikasi jadi joki. Mereka dicurigai sengaja menggantikan atlet lain yang sudah resmi terdaftar bertanding di Porprov Jatim.

“Atletnya kan dicek satu per satu. Nah foto di id card dan di laptop panitia dicocokkan. Tapi waktu dilihat ternyata foto atletnya orangnya berbeda,” ujarnya.

Pihak KONI Kota Pasuruan saat ini sudah menyampaikan secara lisan ke kepala daerah. Sedangkan surat resmi dari Panitia Besar (PB) Porprov Jatim terkait keputusan lebih lanjut terhadap insiden didiskualifikasinya 10 atlet wushu tersebut.[Red]