Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Sambut Satu Abad, Perguruan Organisasi Setia Hati Terate Gelar Vaksinasi Booster

Sambut Satu Abad, Perguruan Organisasi Setia Hati Terate Gelar Vaksinasi Booster

2 min read

Lamongan – mediasuarapublik.com

Kegiatan Vaksin ke 3 (Booster), ini merupakan salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi 1 kali atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya. Vaksinasi booster merupakan upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan vaksinasi booster berbeda dengan istilah vaksinasi tambahan (additional dose) yang mungkin dibutuhkan saat imunitas individu tidak terbentuk dengan cukup setelah vaksinasi primer, yang umumnya ditemukan pada penderita gangguan kekebalan tubuh.

Dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting. Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron.

Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup dimasa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang.

Dan ketiga, memenuhi hak setiap orang Indonesia utk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Vaksinasi booster sendiri, telah dilaksanakan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sebagai bentuk Darma Bakti kepada masyarakat. Bertempat di padepokan Deleg, yang dihadiri langsung oleh Ketua Cabang Mas Harto dan Mas Sumiran Selaku Dewan Pertimbangan (PSHT) Cabang Lamongan, serta Mas Sigit Setiawan selaku Komisariat SMAKEM Cabang Lamongan,

Pelaksanaan acara mulai pukul 19.22 Wib, Sampai selesai, berlangsung sangat kondusif dan aman, turut hadir juga jajaran kepolisian Kapolsek Tikung.

Antusias peserta (PSHT) sangat tinggi, dengan dihadiri 400 orang terdiri dari warga Persaudaraan Setia Hati Terate dan para siswa.

Ketua (PSHT) Cabang Lamongan Mas Harto mengatakan, “acara pada malam hari ini adalah vaksin boster, vaksin ke 3, nanti ada acara acara lain yang akan kita laksanakan seperti khitanan masal, santunan yatim piatu yang insya Allah kita laksanakan pada tgl 3 Juli 2022.” Jelasnya saat diwawancarai.

Menurut Mas Harto, nantinya vaksin booster akan diberikan secara gratis dengan beberapa skema  oleh organisasi Setia Hati Terate. Vaksin booster akan terlebih dahulu diberikan kepada kabupaten/ kota dengan cakupan 70% dosis pertama, dan cakupan 60% dosis kedua sebagai acuan percepatan vaksinasi.

“Saat ini terdapat pula beberapa jenis vaksin yang sedang menjalani uji klinis vaksin. Dan dalam waktu beberapa hari kedepan akan diputuskan pula EUA-nya dengan tujuan menambah suplai dosis vaksin booster,” tambahnya.

Selain itu kita berharap, Indonesia mampu mencapai kekebalan komunitas yang mencukupi melalui program vaksin booster secara paralel dan mampu berpengaruh terhadap percepatan pemenuhan keadilan akses vaksinasi bagi masyarakat global melalui produksi vaksin dalam negeri. [Otong]