Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58, Lapas Lamongan Gelar Kegiatan Donor Darah

Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58, Lapas Lamongan Gelar Kegiatan Donor Darah

2 min read

Lamongan – mediasuarapublik.com

Hari Bakti Pemasyarakatan yang dilaksanakan setiap tanggal 27 April, merupakan sebuah refleksi perjalanan Pemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan fungsi Pemasyarakatan melalui sebuah Sistem Pemasyarakatan. Dalam kurun waktu setelah 27 April 1964, sejarah panjang ditorehkan Pemasyarakatan dalam transformasinya dari sebuah sistem kepenjaraan menjadi sistem Pemasyarakatan. Pada tahun 2022 ini seluruh keluarga besar pemasyarakatan termasuk Lapas Lamongan Kanwil Kemenkumham Jatim akan merayakan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-58. Kamis [24/03/2022].

Berdasarkan pedoman acara yang tertuang dalam Buku Panduan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022, Lapas Lamongan menyelenggarakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Lamongan. kegiatan yang bersifat sukarela ini diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Lamongan yang ingin menyumbangkan atau mendonorkan darahnya.

Pegawai Lapas Lamongan yang ingin mendonorkan darahnya sangat antusias mengikuti kegiatan ini, namun begitu tetap ada persyaratan khusus bagi pegawai yang ingin menjadi pendonor untuk bisa menyumbangkan darahnya. Karena itu, sebelum dilakukan pengambilan darah para petugas PMI akan melakukan screening guna memastikan kelayakan pegawai untuk mendonorkan darahnya. Untuk yang lolos dari screening dapat mengikuti kegiatan donor darah ini, namun yang tidak lolos hasil screeningnya harus bersabar karena tidak dapat mengikuti atau mendonorkan darahnya.

Meskipun kegiatan ini sudah rutin dilakukan dan banyak sebagian saja yang berminat, namun dampak yang terjadi dapat sangat besar. “Mungkin ini hanya kegiatan sederhana, namun tanpa kita sadari dampaknya dapat menolong orang yang mungkin suatu saat nanti berada diambang kematian dan begitu membutuhkan darah kita” ucap Mahrus.

Lapas Lamongan berterima kasih kepada PMI Lamongan karena telah menjalin sinergi yang baik selama ini. Ini bukanlah yang pertama kali Lapas Lamongan menggandeng PMI Lamongan untuk mengadakan kegiatan Donor darah. Lapas Lamongan berharap kedepannya dapat meneruskan sinergitas yang telah terjalin ini dengan baik. (hm)