Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Polres Gresik Menyabet Penghargaan Pelayanan Prima 2021 Dari Kementrian PAN-RB

Polres Gresik Menyabet Penghargaan Pelayanan Prima 2021 Dari Kementrian PAN-RB

2 min read

Gresik – mediasuarapublik.com

Polres Gresik menorehkan prestasi dalam pelayanan publik kategori Prima dari Kementrian Pendaya Gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Serta menyerahkan hasil evaluasi pelayanan public tahun 2021 untuk lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro di 34 Provinsi yang bertempat di Aula Awaluddin Djamin Gedung Bareskrim Polri lantai 9 Jakarta.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyerahkan penghargaan pelayanan publik tahun 2021 untuk lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro, pada Kamis lalu (10/3/2022). Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden K.H Ma’ruf memberikan arahan kepada para Kapolres dan jajarannya.

Sementara, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa menyampaikan bahwa pada tahun 2021, telah dilaksanakan evaluasi terhadap 310 unit Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro di 34 Provinsi, salah satunya adalah Polres Gresik.

“Dari hasil tersebut diperoleh 2 nilai total Indeks Pelayanan Publik (IPP) lingkup Polri adalah 3,67 dari skala 5 dan masuk kategori baik,” ungkap Diah.

Sementara tujuan diselenggarakannya pemberian penghargaan tersebut, untuk memberikan apresiasi dan mendorong motivasi dalam penyelenggara pelayanan publik untuk terus melakukan perbaikan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 17/2017. Enam aspek tersebut yakni, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

“Acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik, yang bertujuan untuk mempublikasikan secara luas atas prestasi yang sudah dicapai oleh masing-masing unit, sehingga diharapkan akan memicu persaingan positif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelas Diah.

Sementara disesi yang berbeda Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan, prestasi ini berkat kerja keras semua pihak, hal ini Polres Gresik meraih hasil Evaluasi katagori nilai A Yan Prima 2021 bersama sejumlah satwil jajaran Polda Jatim. Ungkap Kapolres AKBP M. Nur Aziz.

“Dalam penghargaan atau prestasi yang sudah dicapai saat ini, kami harus menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tutup Kapolres Gresik.