Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Program Mudik Minim Sampah DLH Kabupaten Kediri, Pastikan Lebaran Nyaman

Program Mudik Minim Sampah DLH Kabupaten Kediri, Pastikan Lebaran Nyaman

2 min read

KEDIRI, Mediasuarapublik – Kesigapan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri jelang libur Lebaran 2024, pastikan Kabupaten Kediri bersih dan nyaman.

Kepala DLH Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti melalui Kepala Bidang Pegelolaan sampah dan limbah B3, Arman Fuadi menjelaskan tidak adanya hal yang berlebih yang akan dilakukan DLH Kabupaten Kediri. Hal tersebut mengacu pada Program Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai agenda tahunan masyarakat yang dikemas dalam Mudik Minim Sampah.

Kampanye pengurangan sampah melalui pemasangan Baliho dan Banner pada ruang publik terbuka dan tempat- tempat strategis juga akan dilakukan sebagai himbauan kepada masyarakat.

“Himbauan tersebut akan ditempat – tempat wisata seperti Kawasan SLG, Taman, pintu – pintu masuk Kabupaten Kediri sehingga dapat langsung dilihat publik. Selain itu jika memungkinkan juga akan dipasang di kawasan Bandara, yang selama ini juga menjadi destinasi wisata,” terang Arman di Kediri, Senin (01/04).

“Selain itu juga melalui Videotron, medsos, dan juga kerjasama dengan Kominfo Kabupaten Kediri,” tambahnya.

Mengenai prediksi peningkatan sampah saat jelang libur lebaran dan juga saat lebaran, DLH sendiri telah mempersiapkan beberapa petugas yang siaga ditempatkan pada titik lokasi yang diprediksi menjadi destinasi wisata dan juga menambah jumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) juga telah disiapkan oleh DLH.

“SLG masih menjadi destinasi wisata baik pengunjung dari dalam ataupun luar kota, kami telah menambah jumlah TPS dan Petugas. Selain di SLG beberapa titik lokasi seperti di daerah Pare, Taman Totok Kerot serta Taman dan Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten Kediri menjadi fokus dari DLH. Sedangkan untuk petugas sendiri tidak ada libur, cuma pada hari lebaran pertama jam nya saja undur. Hal tersebut menjadi komitmen DLH untuk tetap menjaga Kabupaten Kediri bersih dan nyaman,” ungkap Arman Fuadi

Yang tak kalah penting, lanjut Arman, DLH Kabupaten Kediri berpesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan.

“Atas apa yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam hal ini DLH, peran masyarakat juga sangat diperlukan, salah satunya adalah dengan tidak menggunakan sampah plastik sekali pakai dan budayakan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini guna mempermudah petugas untuk membersihkan sampah dan mengurangi peningkatan sampah plastik khususnya,” tutupnya. [AM/Yah]