Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Pemkab Lumajang Tetapkan Lima Sasaran Visi Ambisius

Pemkab Lumajang Tetapkan Lima Sasaran Visi Ambisius

2 min read

LUMAJANG, Mediasuarapublik – Dalam upaya mewujudkan visi Lumajang Berdaya Saing, Sejahtera dan Berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang telah menetapkan lima sasaran visi yang ambisius untuk dicapai pada tahun 2045.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Lumajang 2025-2045, dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025, bertempat di Gedung dr. Soedjono Lumajang, Kamis (21/3/2024).

Yuyun juga menyampaikan, bahwa visi tersebut mencerminkan tekad untuk menjadikan Kabupaten Lumajang sebagai daerah unggul dalam kualitas sumber daya manusia, memelihara nilai-nilai budaya, memajukan perekonomian yang merata, dan menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik. Hal tersebut bertujuan menciptakan masyarakat yang sejahtera, terpenuhi kebutuhan dasar dan sosialnya dengan layak, serta terjamin keamanannya.

“Sasaran-sasaran ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembangunan daerah untuk dicapai pada tahun 2045 nanti, dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan,” ujar

Adapun lima sasaran visi tersebut diantaranya, Pertama, Kabupaten Lumajang bertekad untuk meningkatkan pendapatan per kapita penduduknya. Langkah tersebut diambil untuk memastikan bahwa setiap individu memiliki akses yang lebih baik terhadap sumber daya dan kesempatan ekonomi, serta meningkatkan taraf hidup secara keseluruhan.

Selanjutnya, pemerintah daerah menetapkan target ambisius untuk mengurangi tingkat kemiskinan menuju 0 persen dan menurunkan ketimpangan ekonomi. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dan keadilan sosial di Kabupaten Lumajang, sehingga setiap warga dapat menikmati kehidupan yang layak dan bermartabat.

Selain itu, Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk meningkatkan statusnya sebagai lumbung pangan di Jawa Timur. Langkah tersebut diambil sebagai respons terhadap pentingnya ketahanan pangan dalam menghadapi tantangan global, serta untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat.

Peningkatan produktivitas dan daya saing sumber daya manusia juga menjadi prioritas utama dalam sasaran visi Kabupaten Lumajang. Melalui pendidikan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan, pemerintah berupaya untuk meningkatkan potensi dan kontribusi masyarakat dalam pembangunan daerah.

Terakhir, Kabupaten Lumajang menetapkan tujuan ambisius untuk menurunkan emisi gas rumah kaca menuju net zero emission. Langkah tersebut sejalan dengan komitmen global untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim, serta menjaga keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang.

Selain itu, dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2025, tema “Pemantapan Ekonomi yang Inklusif dan Pembangunan Wilayah Yang Berkelanjutan” diusung, yang didasarkan pada tema pembangunan Nasional dan Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut mencerminkan kesinambungan dan sinergi antara berbagai tingkat pemerintahan dalam mencapai tujuan bersama.

Pj. Bupati Lumajang mengajak seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat untuk bersatu dalam mencapai sasaran visi yang ambisius ini.

“Dengan sinergitas antar komponen, kita dapat mewujudkan mimpi melihat Kabupaten Lumajang yang Berdaya Saing, Sejahtera, dan Berkelanjutan di masa depan,” pungkasnya. [Red/Hms]