Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Selisih 21 Suara, Satu TPS di Jombang Gelar Coblosan Pilpres Ulang

Selisih 21 Suara, Satu TPS di Jombang Gelar Coblosan Pilpres Ulang

1 min read

JOMBANG, Mediasuarapublik – Satu TPS di Jombang menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) Selasa (20/2/2024), menyusul adanya temuan selisih 21 suara pada hari H coblosan (14/2/2024) lalu, antara DPT dengan total suara. Satu TPS tersebut yakni TPS 06, Dusun/Desa Losari, Kecamatan Ploso, Jombang. DPT di TPS ini berjumlah 235 pemilih.

Pantauan di lokasi, tampak sejumlah petugas KPPS sibuk melayani pemilih yang datang ke TPS 06 untuk mencoblos, Selasa pagi. Namun antusias pemilih untuk turut pemungutan suara ulang ini agak berbeda dibanding dalam pemilu 14 Februari lalu.

“Ada perbedaan cuma tipis, tidak signifikan turunnya. Dari tadi saya lihat beberapa pemilih pergi, datang, pergi, datang silih berganti masuk ke TPS,” terang Ismet Syaiquddin, anggota KPPS di TPS 06.

Ada dua pemilihan yang dilakukan PSU masing masing pasangan presiden dan wakil presiden serta memilih calon anggota DPD RI. Untuk pemilihan calon anggota legislatif tidak dilakukan pemungutan suara ulang. 

“Saya berharap semua pemilih bisa datang dan menggunakan hak pilihnya, dengan tetap menjaga kerukunan,” ujar Rahmat, salah satu permilih usai mencoblos.

Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi membenarkan, satu TPS di Jombang yakni TPS 06 dilakukan PSU.

“Ya, dari hasil penelitian pengawas TPS ditemukan ada 21 orang berKTP luar Jombang yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut,” ujar dia.

Menurutnya, kronologi adanya 21 pemilih berKTP luar Jombang yang mencoblos di TPS 06 bermula dari beberapa orang yang datang ke TPS. Usai tiba di TPS, para warga langsung antre untuk mencoblos dengan menyerahkan KTP.

“Kronologinya kalau tidak salah mereka adalah santri yang mondok di daerah situ. Saya kira ini memang ada kesalahan,” jelas Burhan. [Red/E]