Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Kemendag Sosialisasi Pengisian LHKPN Tahun 2024

Kemendag Sosialisasi Pengisian LHKPN Tahun 2024

1 min read

JAKARTA, Mediasuarapublik – Kementerian Perdagangan mengadakan sosialisasi terkait pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Tahun 2024 di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (31 Jan).

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono menegaskan bahwa pengisian LHKPN menjadi salah satu langkah awal dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dan transparan. Pengisian LHKPN sangat penting karena sebagai deteksi dini pencegahan tindak pidana korupsi dan menjadikan tata kelola yang bersih, integritas, akuntabilitas, dan transparansi.

Veri menjelaskan bahwa sejak tahun 2020, Kemendag telah berhasil mempertahankan tingkat kepatuhan pelaporan LHKPN sebesar 100 persen setiap tahunnya. Para pimpinan di Kemendag bisa menjadi panutan dalam menunjukkan integritas serta transparasi bagi seluruh pegawai lainnya.

Veri menambahkan, sebagai wujud dukungan terhadap pencegahan korupsi, diharapkan setelah kegiatan sosialisasi ini para wajib lapor segera menyampaikan LHKPN seakurat mungkin.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan menghadirkan Ketua Satgas Pendaftaran LHKPN KPK RI, David Tarihoran dan Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK RI, Denny Setiyanto sebagai narasumber. Sesi diskusi ini dimoderatori oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemendag, Sihard Hadjopan Pohan.

Diskusi tersebut membahas tata cara pengisian hingga permasalahan yang sering terjadi saat pelaporan LHKPN. Turut hadir secara luring para Pejabat Tinggi Madya Kemendag dan secara daring di antaranya para perwakilan perdagangan RI di luar negeri. [Red/Hms]