Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Wali Kota Mojokerto Ikuti Rakornas Pengadaan 2023 

Wali Kota Mojokerto Ikuti Rakornas Pengadaan 2023 

1 min read

JAKARTA, Mediasuarapublik – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama para bupati/wali kota seluruh Indonesia, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan 2023, di Ballroom Bidakara Hotel Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Rakornas yang dibuka Menteri Koperasi Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Teten Masduki tersebut, mengambil tema ‘Transformasi pengadaan untuk Indonesia maju’. Dan merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Ning Ita sapaan akrab wali kota menyampaikan bahwa saat ini Pemkot Mojokerto telah melakukan transformasi dalam pengadaan barang dan jasa.

“Untuk pengadaan kebutuhan barang dan jasa sudah dilakukan melalui e-katalog. Termasuk produk-produk dari UMKM,” terangnya

Lebih lanjut, Ning Ita menuturkan bahwa pembinaan terhadap para pelaku UMKM bahkan koperasi juga terus dilakukan.

“Pendampingan yang dilakukan tidak hanya sebatas pembuatan produk tetapi sampai bisa tayang di e-katalog. Untuk bisa terdaftar di e-katalog dapat memanfaatkan Klinik Konsultasi dan Pendaftaran Pelaku Usaha Secara Elektronik (KIPPER) yang ada di MPP Gajah Mada,” tuturnya.

Sebagai informasi untuk Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada berbagai pengadaan barang/jasa, Pemkot telah membentuk Tim P3DN yang terdiri dari sejumlah Kelompok Kerja (Pokja). Antara lain yaitu Pembinaan dan Sekretariat, Pokja Perencanaan, Pokja Penganggaran dan Realisasi, Pokja Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pokja Sosialisasi, Fasilitasi Kemitraan dan TKDN, serta Pokja Monitoring dan Evaluasi.

Turut hadir mendampingi Ning Ita dalam Rakornas ini adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ruby Hartoyo dan Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Pembangunan, Muraji. [Red/Hms]