Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Progres Pembangunan Bandara Dhoho Kediri Capai 97,04 Persen

Progres Pembangunan Bandara Dhoho Kediri Capai 97,04 Persen

2 min read

KEDIRI, Mediasuarapublik – Progres pembangunan Bandara Internasional Dhoho kediri telah mencapai 97,04 persen. Pada akhir Oktober mendatang semua pembangunan konstruksi ditargetkan telah selesai.

Bupati Kediri, Hanindito Himawan Pramana mengatakan, jika pihaknya saat ini telah menyiapkan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung di sekitar bandara. Salah satunya mengawal proses pembebasan lahan jalan tol.

“Kami juga akan terus mencoba melakukan pengembangan site development di sekitar bandara,” kata Mas Dhito sapaan akrab Bupati Kediri dalam keterangan tertulis, Selasa (19/9/2023).

Dalam menyiapkan fasilitas pendukung, bupati muda itu menyebut pihaknya juga perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah lain, termasuk provinsi.

Mas Dhito mencontohkan soal rambu petunjuk arah bandara. Menurutnya meski pembangunan bandara berada di Kabupaten Kediri, namun pemasangan rambu petunjuk itu tetap melibatkan daerah sekitar seperti Nganjuk, Tulungagung, maupun kota Kediri.

Terkait hal ini, Mas Dhito mengaku siap berkoordinasi dengan daerah tetangga untuk menyiapkan fasilitas pendukung tersebut. Karena itu dia perlu mengetahui progres pembangunan bandara.

“Kami ke sini hadir untuk memberikan apa yang bisa kami lakukan. Saya siap mengkomunikasikan dengan beberapa kepala daerah lain,” ungkapnya.

Dia menjelaskan Pemkab Kediri sejak jauh hari terus mendorong percepatan infrastruktur pelapis sekitar bandara. Menurutnya hal ini penting guna mengantisipasi apabila akses jalan belum siap ketika bandara telah beroperasi.

Dalam hal ini pihaknya juga terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi termasuk pemerintah daerah lain.

Sementara itu, Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) Maksin Arisandi memaparkan dengan capaian progres keseluruhan pembangunan yang telah mencapai 97,04%, Bandara Internasional Dhoho ditargetkan tuntas pada akhir Oktober 2023.

“Karena di November kita siap verifikasi, tes landing, tes take off maupun yang lain, jadi semua kita tes di bulan November,” tuturnya.

Pihaknya pun mengapresiasi dukungan dari pemerintah kabupaten Kediri terhadap operasional bandara.

Selain masalah rambu arah menuju bandara, dukungan dari pemerintah yang tak kalah penting yakni terkait infrastruktur jalan, termasuk transportasi pendukung. [Yud/Red]