Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Porprov Jatim VIII/2023 Resmi Ditutup

Porprov Jatim VIII/2023 Resmi Ditutup

2 min read

SURABAYA, Mediasuarapublik – Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 telah usai dan resmi ditutup di Stadion Gajah Mada Mojosari Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) malam.

Ajang olahraga dua tahunan ini berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang selama delapan hari, tanggal 9-16 September 2023. 

Kali ini, Kota Surabaya kembali menempati puncak klasemen perolehan medali dengan total point 1.012, yang terdiri dari 163 medali emas, 125 medali perak, dan 110 medali perunggu. 

Di posisi kedua, ada Kabupaten Sidoarjo dengan total perolehan 680 point, terdiri dari 97 medali emas, 90 medali perak, dan 112 medali perunggu. Sementara posisi ketiga ditempati Kota Malang yang memperoleh 480 point, dengan membawa 74 medali emas, 52 medali perak, dan 80 medali perunggu.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyno, hadir mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk menutup Porprov Jatim VIII/2023.

Ia mengatakan Porprov Jatim VIII/2023 telah berlangsung dan berjalan dengan sukses. Ini merupakan event penting dalam rangka menjaga prestasi dan memupuk kebersamaan, persatuan, dan sportivitas. 

“Atlet-atlet kita telah memberikan yang terbaik, bukan hanya dalam usaha meraih medali, tapi juga sportivitas dan persatuan. Prestasi mereka adalah cerminan dari semangat Majapahit yang besar yang pernah menghiasi sejarah Jawa Timur,” jelasnya.

Adhy pun menegaskan, kemajuan dunia olahraga, baik di sisi peningkatan infrastruktur dan fasilitas olahraga, pembinaan atlet, dan prestasi yang diciptakan selama berlangsungnya Porprov Jatim VIII/2023 merupakan tanggung jawab bersama dan kerja keras semua pihak, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, KONI, dunia usaha, organisasi olahraga, dan juga para insan olahraga. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI Jawa Timur, Muhammad Nabil, mengatakan Porprov Jatim VIII/2023 ini mencetak sejarah baru, yaitu ada 85 pecah rekor yang dilakukan atlet-atlet Jawa Timur. 

“Saya atas nama KONI Jatim juga bangga karena prestasi di tiap-tiap cabor tidak hanya berkumpul di satu kabupaten/kota saja, tapi merata. Itu menandakan prestasi olahraga sudah menyebar di seluruh kabupaten/kota,” tutur Nabil. 

Sementara itu, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov Jatim VIII/2023, Ali Affandi Mattality melaporkan Porprov Jatim VIII/2023 diikuti oleh 13.008 atlet dan 4.720 official. Ini merupakan multi event terbesar di atas jumlah kontingen PON. 

“Semua telah berpartisipasi dalam sebuah perjalanan yang mengesankan melalui berbagai cabang olahraga. Kita telah menyaksikan pertandingan yang menegangkan, kemenangan yang membanggakan, dan momen-momen yang tidak akan kita lupakan,” ungkapnya. 

Sebagai tuan rumah Closing Ceremony Porprov Jatim VIII/2023, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawaty juga menyampaikan terima kasih. Ia pun menyebut, perputaran uang minimal dari Kabupaten Mojokerto adalah sebesar Rp14 miliar karena adanya Porprov Jatim VIII/2023. 

“Ini hal positif bagi kami masyarakat Kabupaten Mojokerto. Terima kasih atas kesempatan yang luar biasa untuk menjadi tuan rumah. Mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua tamu, atlet, official, wasit, dan lain-lain,” kata Ikfina. [Red/Hms]