Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Sumur Warga Kota Kediri Diduga Tercemar, Baunya Seperti BBM

Sumur Warga Kota Kediri Diduga Tercemar, Baunya Seperti BBM

1 min read

KEDIRI KOTA, Mediasuarapublik – Sebanyak 14 sumur warga Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri diduga tercemar. Sumur-sumur tersebut, memiliki bau seperti bahan bakar minyak (BBM), airnya terasa licin. Parahnya, beberapa air sumur berwarna keruh dan hitam.

Menindaklanjuti kondisi yang kian parah, Pemerintah Kota Kediri didampingi Polres Kediri mengambil sampel air. Ini untuk mengetahui penyebab pencemaran sumber air sumur tersebut.

Salah seorang warga Kelurahan Tempurejo di RT 2 RW 5, Sulastri mengaku kondisi air sumur miliknya sejak Agustus semakin memburuk.

“Kondisi air sumur semakin ke sini semakin keruh dan mengental di bagian permukaannya. Saya juga mencium bau air yang menyengat serupa bau minyak. Saya tidak mau menuduh tapi baunya ya seperti itu, seperti minyak,” kata Sulastri, Sabtu (9/9/2023).

Kondisi yang sama juga dirasakan oleh Ketua RT 5 RW 2 Abdulloh Mubarok. Dia bahkan menyebut bau air sumur itu mirip Pertalite.

“Baunya seperti BBM Pertalite. Berminyak, lengket,” kata Mubarok.

Mubarok mengatakan, hal ini sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Sementara, untuk keperluan minum dan mandi cuci kakus, warga hanya mengandalkan droping air dari DLHKP dan PDAM Kota Kediri. Setiap pagi dan sore, instansi itu bergantian mengirimkan air untuk warga. Ada 10 tandon isi 400 liter dan 4 tandon berisi 200 liter.

15 hari terakhir, warga juga mendapatkan bantuan air galon dari SPBU di sekitar lokasi. Namun per kemarin, bantuan itu dihentikan tanpa keterangan. [Andk/Red]