Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Wakil Bupati Sampaikan Komitmen Peternak Sapi Dalam Kembangkan Produksi Susu Sapi Organik

Wakil Bupati Sampaikan Komitmen Peternak Sapi Dalam Kembangkan Produksi Susu Sapi Organik

2 min read

PASURUAN, Mediasuarapublik – Pada saat mendampingi visitasi Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI), Syahrul Yasin Limpo di Koperasi Susu Setia Kawan (KPSP) Nongkojajar, Kecamatan Tutur pada hari Selasa (29/8/2023) sore, Wakil Bupati Mujib Imron mengungkapkan kegembiraannya. Bahwa momen istimewa tersebut memberikan semangat tersendiri bagi para peternak di Kabupaten Pasuruan. Terutama bagi pembudidaya Sapi Perah organik yang terus dikembangkan di Kecamatan Tutur.

“Peternak Kabupaten Pasuruan insyaallah bertambah semangat dengan kunjungan Pak Menteri Pertanian dan jajaran. Juga ada perwakilan dari Pemerintah Denmark dan stakeholders lainnya. Terimakasih dukungannya kepada kami untuk mengembangkan produksi susu Sapi organik,” kata Wakil Bupati yang hadir bersama para Staf Ahli, Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan.

Ditambahkannya, meski saat ini masih belum banyak peternak Sapi organik, namun Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan intens untuk menumbuhkembangkannya. Harapannya, ke depannya akan semakin banyak lagi jumlah Sapi organik yang sudah barang tentu akan meningkatkan produksi susu Sapi organik.

“Kalau jumlah peternak Sapi organik saat ini memang belum banyak sekitar 100-an ekor. Tapi para petani komitmen dan konsisten untuk merawat ternaknya. Sehingga setiap harinya menghasilkan 10,6 liter setiap ekornya,” tuturnya dengan optimis.

Menurut hemat Gus Mujib sapaannya, dari jumlah keseluruhan ternak di Kabupaten Pasuruan yang hampir 95 ribu Â ekor, banyak diantaranya yang siap mengembangkan produksi susu ternak organik. Hal itu ditambah lagi dengan mengalirnya bantuan teknis dan bentuk dukungan lainnya yang diterima oleh para peternak. Sehingga diharapkan terus eksis memajukan produk-produk susu ternak organik.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyatakan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah kabupaten Pasuruan dan seluruh peternak Sapi organik atas terobosannya dalam memproduksi susu Sapi organik. Berikut upaya hilirisasi olahan keju organik yang pertama di Indonesia.

“Saya apresiasi Pemkab Pasuruan dengan hadirnya produksi susu Sapi organik pertama di tanah air. Ini  satu langkah untuk menghadirkan kontribusi pada bangsa dan tentunya sesuatu yang hebat dan luar biasa. Kita memiiliki kemampuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki,” terangnya

Maka dari itu, pria berkacamata yang identik dengan penampilan enerjiknya tersebut mengajak kepada para peternak agar tidak kenal lelah dalam melakukan langkah-langkah inovasi dengan kreasinya. Terlebih, Syahrul Yasin Limpo menekankan, hilirisasi produksi pertanian adalah bagian penting yang sudah seyogyanya dimaksimalkan bersama oleh para peternak. [Red/Hms]

“Terimakasih kepada semua stakeholders yang itu mengapresiasi. Perwakilan dari Pemerintah Denmark yang secara khusus bermitra. Mari bergandengan tangan dengan Pemerintah untuk mendukung kemajuan kelompok tani dan peternak. Juga UMKM dan koperasi susu Sapi,” pintanya. [Red/Hms]