Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Pemkab Lumajang Borong Tiga Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022

Pemkab Lumajang Borong Tiga Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022

2 min read

LUMAJANG, Mediasuarapublik – Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berhasil memborong tiga penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2022.

“Ini adalah penghargaan yang kelima berturut-turut, Kabupaten Lumajang mendapatkan Green Leadership dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,” ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat dimintai keterangan usai menerima penghargaan, di Gedung Manggala Wanabakti Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra pertama disematkan kepada dirinya sebagai tanda peringkat I untuk Kepala Daerah Kategori Kabupaten Besar.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga dianugerahi peringkat I Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Pemerintah Daerah Kategori Kabupaten Besar.

“Berbagai capaian dalam pemulihan lingkungan di Kabupaten Lumajang dan juga kebijakan yang menguatkan kelestarian lingkungan, diapresiasi sebagai kebijakan yang berpihak dalam menjaga alam dan lingkungan,” terang dia.

Nirwasita Tantra sendiri adalah penghargaan dari pemerintah diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam menerapkan kebijakan sesuai program kerja melalui metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas hidup di daerahnya.

Kebijakan pemerintah daerah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, tentunya tidak terlepas dari peran Legislatif. Dalam hal tersebut, bupati juga mengungkapkan, bahwa Ketua DPRD Kabupaten Lumajang juga dianugerahi Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Ketua DPRD Kategori Kabupaten Besar menempati peringkat ketiga.

“Juga DPRD Kab Lumajang mendapatkan penghargaan terkait kebijakan peraturan yang menjaga lingkungan yang telah diputuskan,” jelas dia.

Cak Thoriq menambahkan, bahwa prestasi yang berhasil ditorehkan Kabupaten Lumajang merupakan buah dari usaha seluruh kerja keras kepala daerah, yakni dirinya dan Bunda Indah Bersama jajaran Pemkab Lumajang dan Legislatif DPRD Lumajang dalam merumuskan peraturan daerah, yang dianggap berpihak pada pembangunan berkelanjutan yang tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

“Alhamdulillah, ini persembahan kami, saya dan Bunda Indah Masdar dalam hal menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Lumajang yang lebih berkelanjutan dan terintegrasi,” imbuhnya. [Red/Hms]