Mediasuarapublik.com

Mengedepankan Profesional Dalam Berita Yang Seimbang Secara Aktual Dan Faktual

Home » Gubernur Jatim Mengusulkan 39 Nama untuk PJ Bupati/Walikota di 13 Daerah

Gubernur Jatim Mengusulkan 39 Nama untuk PJ Bupati/Walikota di 13 Daerah

2 min read

SURABAYA, Mediasuarapublik – Menyusul akan habisnya masa jabatan Bupati/Walikota pada 13 daerah di Jawa Timur pada 34-25 September 2023. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan 39 nama untuk menjadi penjabat (PJ) Kepala Daerah.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim Didik Chusnul Yakin mengatakan nama-nama yang diusulkan itu berasal dari staf khusus gubernur hingga kepala OPD yang ada di Jatim.

“Ada 13 kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 24-25 September. Nama-namanya sudah diusulkan oleh Gubernur (Khofifah),” ujar Didik Chusnul saat dikonfirmasi, Sabtu (19/8).

Ia menuturkan, sesuai dengan aturan yang berlaku, penentuan Pj bupati/wali kota ini melibatkan usulan dari gubernur dan DPRD setempat, yang kemudian dijajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Menurut Didik, proses pemilihan Pj ini penting. Selain untuk mengisi kekosongan jabatan, juga bertugas melanjutkan pembangunan di daerahnya masing-masing.

Apalagi sebelumnya, Khofifah meminta agar ada pembangunan berkelanjutan meskipun daerah-daerah itu dipimpin oleh Pj. Oleh sebab itu, 39 nama usulan Pj tersebut akan melewati tahap penilaian.

“Harus ada referensi dan panduan yang bisa memberikan guidance (petunjuk) untuk menjamin bahwa sustainable development (pembangunan berkelanjutan) itu bisa terjamin,” kata Khofifah, Kamis (22/6) silam.

Berikut 39 nama Pj Kepala Daerah Jatim usulan Khofifah:

  1. Pj Wali Kota Malang: M Hendro Gunawan (Staf Ahli Gubernur Bidang Pemasyarakatan dan SDM), Iwan (Kadisperindag Jatim), Didik Chusnul Yakin (Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim).
  2. Pj Bupati Probolinggo: Ugas Irwanto (Sekda Kabupaten Probolinggo), M Hadi Wawan Guntoro (Kasatpol PP Provinsi Jatim), Benny Sampirwanto (Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Jatim).
  3. Pj Bupati Bangkalan: Brigjen TNI (Mar) Guslin (Asdep Koordinasi Kewaspadaan Nasional Kemenkopolhukam), Ahmad Ahadiyan Hamid (Kadispora Bangkalan), Sufi Agustini (Kepala Bakorwil Pemprov di Pamekasan).
  4. Pj Bupati Bojonegoro: M Isa Ansori (Kadiskanla Provinsi Jatim), Andromeda Qomariah (Kadiskop UKM Provinsi Jatim), Agung Subagyo (Kepala Bakorwil Pemprov di Bojonegoro).
  5. Pj Bupati Tulungagung: Ali Kuncoro (Kadispora Provinsi Jatim), Heru Suseno (Kadisbun Provinsi Jatim), M Joko Irianto (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan).
  6. Pj Bupati Nganjuk: Wahyu Hidayat (Sekda Kabupaten Malang), Mokh Shodiq Triwidiyanto (Sekda Kabupaten Ngawi), M Dyah Wahyu Ermawati (Kadis PMPTSP Jatim).
  7. Pj Bupati Pamekasan: Masrukin (Sekda Pamekasan), Imam Hidayat (Karo Kesra Setdaprov Jatim), Mohammad Gunawan Saleh (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov Jatim).
  8. Pj Bupati Pasuruan: Nurkholis (Kadis ESDM Provinsi Jatim), Andrianto (Kepala Brida Provinsi Jatim), Endy Alim Abdi Nusa (Karo PBJ Setdaprov Jatim).
  9. Pj Bupati Magetan: Eddy Supriyanto (Kabakesbangpol Provinsi Jatim), Hergunandi (Sekda Kabupaten Magetan), Mohk Shodiq (Sekda Kabupaten Ngawi).
  10. Pj Bupati Lumajang: Indah Wahyuni (Kepala BKD Provinsi Jatim), Gatot Soebroto (Kalaksa BPBD Provinsi Jatim), Budi Sarwoto (Kadis PMD Provinsi Jatim).
  11. Pj Bupati Madiun: Tontro Pahlawanto (Sekda Kabupaten Madiun), Benny Sampirwanto (Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Jatim), Heru Wahono Santoso (Kepala Bakorwil Pemprov di Madiun).
  12. Pj Bupati Bondowoso: Bambang Soekwanto (Sekda Kabupaten Bondowoso), Nana Fadjar Prijantoro (Kepala Bakorwil Pemprov di Jember), Restu Novi Widyani (Kadinsos Provinsi Jatim).
  13. Pj Bupati Jombang: Akhmad Jazuli (Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Jatim), Andik Fadjar Tjahjono (Sekretaris DPRD Jatim), Yanuar Rachmadi (Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim). [Rev/FM]